Mbah Marijan Selamat

Tadi malam kita menyaksikan betapa sedihnya seorang paruhbaya yang gundah akan keberadaan sang ayah dimana kabar yang terdengar, juga media televisi mengabarkan tentang kediaman sang juru kunci yang porak-poranda terlalap api dari letusan merapi.

Rasa duka yang mendalam menyelimuti, bagaimana tidak,.. dengan ditemukannya korban-korban yang telah kaku dan sulit dikenali didalam rumah juga diluar rumah kediaman sang ayah. Bahkan saya sendiripun mungkin juga para pemirsa bertanya-tanya tentang nasib sang juru kunci.

26 Oktober Pukul 17.02 dan 17.23 WIB, awan panas atau wedus gembel keluar dari Gunung Merapi. Hingga kini, awan panas masih terus dikeluarkan oleh gunung berapi teraktif di dunia itu.
Belum jelas berapa korban meninggal dikarenakan jalan menuju lereng masih berhawa panas dan disebagian tempat masih banyak titik-tik api sehingga menyulitkan regu evakuasi.

Akhirnya tengah malam ada kabar bahwa Juru kunci Gunung Merapi Mbah Maridjan ditemukan dalam kondisi selamat oleh salah seorang anggota tim pencari (SAR)," kata Komandan Pangkalan TNI AL Yogyakarta Kolonel Laut Aloysius Pramono, di Sleman, Rabu.

Ia mengatakan Mbah Maridjan ditemukan dalam kondisi selamat tidak jauh dari rumahnya di Dusun Kinahrejo.

"Di Dusun Kinahrejo telah ditemukan 13 korban tewas akibat terkena awan panas Gunung Merapi, salah seorang di antaranya dokter dari Kedokteran Polisi. Satu orang wartawan juga ditemukan tewas di Dusun Kinahrejo, di dekat rumah Mbah Maridjan," katanya.

Meski dalam kondisi lemah namun beliau bersikeras untuk tetap berada dikediamannya yang telah porak-poranda dilumat api, tutur Kolonel Laut Aloysius Pramono.

Sahabat, mendengar berita ini saya begitu lega dalam hati mengucap Alhamdulillah, sekaligus juga hati terasa trenyuh. Hal ini bukan berati saya berpendapat Bahwa Mbah Marijan sakti akan tetapi lebih kepada kejadian-kejadian akhir ini dimana kekuasan Allah adalah segalanya yang semestinya kita dapat mengambil pelajaran dari peristiwa-peristiwa yang terjadi.

Sosok seorang Mbah Marijan adalah contoh untuk sebuah arti loyalitas dimana makna loyalitas di Negeri ini hampir punah, Terkikis oleh pangkat dan kedudukan yang serba materi dan lupa akan arti berbagi...Dan realita yang ada dinegeri ini "hukum begitu tajam kebawah namun tumpul keatas".

Semoga kita dapat mengambil hikmah dari rentetan peristiwa yang ada.........Salam

___________________________________________________________
Marijan diduga Meninggal Dunia

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP